Cara Penyerbukan Buah Naga

CARA PENYERBUKAN BUAH NAGA DENGAN MANUAL (BANTUAN MANUSIA)
Karena begitu banyaknya pertanyaan-pertanyaan kepada saya tentang penyerbukan manual dengan tangan pada bunga buah naga, kali ini saya akan menjelaskan bagian-bagian dari bunga buah naga supaya teman-teman bisa memahami bagian mana benang sari dan putik yang harus “dipertemukan” agar terjadi penyerbukan pada bunga dan akhirnya menjadi buah.

Tetapi perlu diketahui, pada tanaman buah naga juga ada bunga rusak/atau gagal yang memang harus dibuang karena tidak mungkin untuk dilakukan penyerbukan. seperti gambar dibawah ini, bunga yang terhitung rusak atau gagal dari pertama tumbuh kuncup sudah berwarna kuning dan layu (tidak terlihat segar), bunga-bunga seperti ini wajib segera dibuang.
Dan berikut ini bagian-bagian bunga buah naga baik mahkota bunga, benang sari dan putik bisa dilihat pada foto dibawah ini, foto ini saya ambil tidak dalam kondisi mekar sempurna karena keterbatasan waktu saya, lain kali akan saya perbaiki, tapi sudah cukup untuk menjelaskan bagian-bagian tersebut :

bagian bunga buah naga putik benang sari

Proses penyerbukan pada bunga buah naga, intinya sama dengan bunga tanaman lain yaitu mempertemukan serbuk sari dan putik. Pada gambar, benang sari bentuknya seperti benang-benang yang jumlahnya banyak melingkari putik yang tumbuh memanjang, dan pada ujungnya terdapat serbuk sari, serbuk sari inilah yang harus dioleskan pada putik (saya beri lingkaran ungu). Anda bisa mengambil serbuk sari dengan merontokkan dengan kuas kecil pada wadah atau bisa menggunakan kertas minyak (licin dan supaya serbuk sari terlihat jelas), kemudian oleskan pada putiknya dengan kuas tersebut. Jika anda menggunakan tangan, anda tinggal memindahkan serbuk sari dan dioleskan pada putiknya juga. Saya rasa, pengertiannya sederhana dan cukup mudah dipahami pasti anda bisa melakukan penyerbukan sendiri.

Tetapi, jika tulisan saya ini belum jelas dan sulit dipahami, silahkan memberikan komentar di bawah, nanti akan saya berikan gambar-gambar atau video cara penyerbukan manual buah naga.

Semoga Bermanfaat. Salam.

This entry was posted on Wednesday, March 9th, 2011 at 4:05 am and is filed under Penyerbukan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply